Pages

Friday, July 31, 2015

Munara Mountain and Cigamea Waterfall

25 Juli 2015.
Gunung Munara (1119 mdpl), Rumpin-Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
dan
Curug Cigamea, kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Perjalanan ini saya lalui bersama Heri, Febby dan Feri. Saya, Heri dan Feri berangkat dari Bekasi hari jum'at malam menggunakan motor menuju daerah Kalisuren Bogor rumah Febby, lama perjalanan kira-kira 2 jam, kami memutuskan untuk menginap di rumah Febby agar pada hari sabtu setelah sholat subuh sekitar jam 05.30 kami langsung berangkat ke Gn. Munara. Kenyataannya kami berangkat jam 06.15 wib itu karena saya ada panggilan alam rutin setiap pagi :).



Dari kalisuren menuju rumpin tidak begitu jauh, hanya sekitar 45 menit. Karena di jalan dari kalisuren-rumpin kami berhenti untuk membeli minum dan sarapan akhirnya sampai di tempat registrasi Gn. Munara sekitar pukul 08.00 wib setelah registrasi penanjakan pun dimulai. Ohh iya karena ini kali pertama kami semua nanjak Gn. Munara jadi ranger memberitahu kami rute yang harus dilalui agar tidak salah atau nyasar, ranger memberitahukan kami dengan menggunakan map agar lebih jelas. Dari blog-blog atau website-website yang saya baca waktu untuk menanjak Gn. Munara ini sekitar 1-1,5 jam, karena saya tipe orang yang cepat lelah saya bilang ke teman-teman kalau nanjak bareng saya bisa jadi 2 jam, ternyata cukup 45 menit kami sudah sampai di puncak 1 (satu). Disini kami naik dulu ke batu dan berfoto-foto, jujur ini adalah pengalaman pertama saya naik ke atas dengan cara climbing saya mesti memilih batu yang pas untuk saya pegang dan untuk pijakan kaki, jika salah pilih atau terpeleset nyawa taruhannya dan untuk turunnya ini juga pertama kalinya saya turun merosot, ternyata walaupun termasuk gunung yang rendah hanya 1119 mdpl banyak petualangan baru yang saya dapat. Setelah berfoto-foto di puncak 1 (satu) perjalanan dilanjutkan ke puncak 2 (dua) tidak lama mungkin hanya sekitar 15 menit.

Di puncak 2 (dua) banyak waktu yang kami habiskan di sana mulai dari foto-foto, duduk melamun hingga makan siang, setelah makan siang kami memustuskan untuk turun dan jalan-jalan ke curug (air terjun). Tadinya kami belum tahu mau jalan ke curug mana? pas di parkiran kami tanya ke akang-akang parkirannya curug yang dekat sini itu curug apa dan dimana? dia bilang curug cigamea. Ok, berbekal maps dan tanya-tanya orang di jalan kami berangkat. Sewaktu perjalanan kami bertanya ke orang-orang, banyak yang bilang jauuuhhhh tapi kita tidak menyangka akan sejauh itu, awalnya saya pikir ohh mungkin hanya 1 jam perjalanan ternyata sekitar 2 jam perjalanan. :'(

Biaya di Gn. Munara :
Registrasi : Rp. 5.000,- / orang
Motor : Rp. 5.000,- / motor

Biaya di TN. Gn. Halimun Salak :
Masuk kawasan TN. Gn. Halimun Salak : Rp. 5.000,- / orang
Motor : Rp. 7.500,- / motor
Karena masa libur lebaran, 1 motor 2 orang menjadi Rp. 25.000,-

Biaya di Curug Cigamea :
HTM (2 orang) + Motor : Rp. 20.000


Berikut hasil jepretan saya :
Gn. Munara




















Curug Cigamea







No comments:

Post a Comment