Pages

Wednesday, August 3, 2016

Keliling Dieng

Dieng Plateau-Wonosobo 

Salah satu destinasi tempat wisata yang ingin saya kunjungi sedari saya kuliah adalah Dieng, baru kesampaian tahun ini (27-30 Mei 2016). Tak apalah yang penting salah satu travel list saya tercapai :).

Jalan ke dieng ini saya tidak perlu repot-repot buat itinerary, cari tempat nginep, sewa mobil dan lain-lain karena saya ikut trip teman-teman dari bea cukai Bandung. Tinggal bayar patungan, meeting point di Bandung lanjut deh berangkat ke Dieng.



Kawah Sikidang
Di kawah sikidang, selain kawah ada taman burung bisa foto bareng burung-burung hantu, ada juga kuda yang bisa di sewa dan motor trail. Kesini siap-siap bawa masker karena bau belerang kalau ga bawa gak apa-apa juga sih banyak yang jual masker :) . Jangan lama-lama ya main dekat kawahnya takut mual & muntah saja. Disana juga banyak warung-warung kecil yang jual oleh-oleh, makanan, minuman ada juga telur rebus matang yang langsung direbus dari lubang yang ngeluarin asap (saya bingung bilangnya apa?).










Batu Ratapan Angin
Untuk ke batu ratapan angin kita parkir mobil di dieng plateau theater kemudian jalan menanjak ke atas (ada tanda untuk ke batu ratapan angin). Dari batu ratapan angin kita dapat melihat telaga warna dengan jelas, melihat perbedaan warna kedua telaga tersebut, bisa melihat gunung prahu juga. Disini juga ada tempat camp, tenda sudah disediakan tinggal sewa saja, ada flying fox dan jembatan goyang juga, siapa tau ingin mencoba memacu andrenalin. Waktu saya ke sana ada ibu-ibu yang mungkin usianya sekitar 40-45an dia mencoba flying fox bersama anaknya. Kalau saya sih mati rasa dengan flying fox, entah sudah berapa kali mencoba main flying fox tapi ga pernah deg-degan mungkin belom aja kali ya.







Candi Arjuna
Sayangnya sewaktu main ke candi arjuna sedang ada pemugaran. Disini saya dan teman-teman hanya foto-foto saja, tidak banyak hal bisa dilakukan disini. Kami pun tidak memutari kompleks lebih jauh lagi.







Bukit Sikunir (melihat golden sunrise)
Saya benar-benar penasaran dengan golden sunrisenya bukit sikunir. Kalau lihat hasil foto orang-orang yang sudah ke sana, kok ya keren banget golden sunrise bukit sikunir ini. Berangkat jam 03.00 atau 03.30 wib (saya lupa) perjalanan sekitar 30 menit dari tempat menginap ke bukit sikunir. Untuk menanjak sampai puncak 1 bukit sikunir membutuhkan waktu 30 menit dan jika ingin sampai puncak 2 sekitar 45 menit. Masih banyak orang tua yang menanjak juga loh, walaupun mereka lebih sering berhenti tapi mereka terus nanjak (rata-rata hanya sampai puncak 1). Saya memilih untuk melihat sunrise dari puncak 2, sesampai di puncak 2 saya mempersiapkan peralatan foto dan langsung motret. Ternyata yang orang-orang foto golden sunrise bukit sikunir itu keren memang benar adanya. Orang-orang memberanikan berdiri di pinggir jurang demi melihat golden sunrise. Saya cuma bisa berkata sambil bernyanyi dalam hati "Tuhan pencipta semesta, Kau yang Maha Mulia sungguh besar karunia yang Kau beri" ini keren banget!! Puji Tuhan masih diberi kesempatan melihat golden sunrise dengan cuaca yang sangat baik. Oh ya, dari bukit sikunir kita juga dapat melihat gunung sindoro dari jarak dekat. How lucky i'am!






Telaga Warna
Telaga warna merupakan destinasi terakhir kami di dieng. Keunikan telaga warna inipun sudah sangat terkenal, dimana telaga yang bersampingan ini memiliki 2 warna yang berbeda. Disini kami berkeliling melihat gua-gua yang ada yang sebagian besar dijadikan sebagai tempat bertapa atau bersemedi. Yah, tempatnya memang sangat teduh cenderung lembab, tapi karena rame-rame jadi ya santai aja.







Kembali Ke Bandung.
Sebelum kembali pulang kami beli oleh-oleh dan makan mi ongklok. Untuk oleh-oleh saya hanya membeli carica, kacang dieng dan keripik jamur.

Budget
- Patungan Trip (sewa mobil+supir+bensin, tempat menginap & HTM tempat wisata) : Rp. 550.000,-
- Rumah ke Baraya Pekayon (PP) by Gojek : Rp. 0 (pakai bonus credit Rp.100K dari gojek)
- Pekayon - Bandung by Baraya (PP) : Rp. 85.000 x 2  = Rp.170.000,-
   (saran saya lebih hemat booking online/beli tiket PP langsung)
- Bandung Surapati ke Gede Bage (PP) by Gojek : Rp. 0 (pakai bonus credit Rp.100K dari gojek)
- Gede Bage ke Dieng by Elf : include dalam biaya patungan.
- Oleh-oleh dan makan : +- Rp. 150.000,-

No comments:

Post a Comment