Pages

Thursday, October 7, 2010

Rumah Hotspot (tgs jarkomlan)


Rumah Hotspot

1.        Abstraksi
Pada perkembangan jaman sekarang ini sudah banyak sekali alat yang digunakan untuk melakukan koneksi jaringan atau internet. Internet sudah merupakan hal yang sangat sering di dengar oleh kita semua. Sekarang ini semua orang dapat melakukan koneksi ke jaringan internet dimana saja. Untuk koneksi jaringan di rumah-rumah pun sudah banyak. Disini saya akan membahas sedikit tentang Rumah Hotspot.

2.    Analisis
Karena internet sudah merupakan hal yang lazim bahkan saat ini tanpa disadari internet dapat disebut suatu kebutuhan. Banyaknya hal yang dapat dilakukan melalui internet mulai dari mencari tugas, melakukan pekerjaan, mengirim dan menerima data, melakukan transaksi dan banyak hal lainnya. Untuk memudahkan masyarakat maka sangat dibutuhkan suatu koneksi internet yang ada di rumah, jadi masyarakat tidak hanya dapat melakukan koneksi di internet di kantor atau kampus atau tempat-tempat umum seperti cafe dan lainnya. Melalui adanya internet di rumah itu akan memudahkan masyarakat.

3.    Tujuan
       Tujuan dari Rumah Hotspot ini  adalah untuk memudahkan melakukan koneksi jaringan pada rumah tetapi dengan biaya yang murah. Dimana setiap orang yang tinggal di rumah tersebut dapat melakukan koneksi jaringan secara bersamaan dengan menggunakan satu server, server di sini adalah sebuah komputer biasa.

4.    Pembahasan
Rumah Hotspot yaitu Inovasi Baru Berinternet Dirumah. Rata-rata orang di Indonesia yg senang bermain Internet dengan berbagai kegiatan tentang Internet. Hadirnya Telkom Speedy beberapa tahun yang lalu membuat hampir semua masyarakat di Indonesia berbondong-bondong langganan Speedy karena murahnya akses Broadband yang satu ini dimulai dari 384kbps hingga sekarang mencapai 1mbps memanjakan masyarakat Indonesia untuk menambah ilmu pengetahuan di Internet. Kemurahan biaya untuk Internet sekarang juga semakin murah dengan hadirnya koneksi nirkabel, semacam Telkomsel Flash Unlimited, IM2 Broadband, ada First Media dengan hanya seratus ribuan sudah dapat berinternetan sepuas-puasnya dan dimana saja. Walaupun sudah ada yang murah, tapi tetap saja layanan koneksi berbasis nirkabel semacam Hotspot di sekolah, kampus, mall-mall, cafe-cafe dan sejenisnya mulai bertaburan di Indonesia membuat semakin murah saja koneksi Internet di Indonesia hanya dengan bermodal laptop, masyarakat Indonesia bisa berinternetan GRATIS. Sungguh hal yang menyenangkan buat semua orang.
Dalam hal ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana kita berbagi koneksi internet dalam lingkup kecil yaitu hanya seisi rumah kita sendiri saja, bukan seperti di kampus-kampus atau mall-mall. Koneksi Hotspot itu yang akan kita bahas disini, saya mau sedikit sharing tentang Rumah Hotspot. Rumah Hotspot ini hanya dapat digunakan untuk lingkup di satu rumah saja tidak samapi jarak jauh.
Rumah Hotspot ini dapat terkoneksi selama 24jam Nonstop dengan nyaman koneksi dapat di lakukan di laptop masing-masing, dan harus ada 1 komputer yang dijadikan server 24 jam karena koneksi wireless dari ISP local dirumah menggunakan sistem dial VPN jadi harus menyalakan computer dahulu biar bisa share internet, Rumah Hotspot yang diberi nama KemangiNET Hotspot PPS BlokP1 ini hanya menggunakan usb wifi adapter merk TP LINK WN322G untuk share koneksinya, sudah dicoba pas nyalain dilaptop sebanyak 6 buah laptop dibuat browsing bareng, lumayan bandwith 256kbps dari ISP masih bisa terbagi rata ke 6 laptop tersebut. Kenapa memakai USB wifi adapter dijadikan akses point? Pertama karena factor harga dari usb wifi tersebut yang tergolong masih murah. Kedua karena factor setting yg mudah, karena tinggal colokin ke usb install driver langsung bisa digunakan. Ketiga karena factor tidak adanya lubang lan card lagi karena bawaan Mobo udah kepake, buat kabel utp dari radio wireless dirumah, daripada repot beli lan card dan juga radio akses point, pake yang usb aja yang penting bagus buat mancarin sinyal wifi.
Inovasi rumah hotspot ini menurut dapat dinilai optimal juga daripada harus pake jaringan kabel jika sharing koneksi internet dirumah. Selain itu biaya yang dikeluarkan dengan alat yang digunakan tersebut tergolong murah hanya beli usb wifi saja sudah cukup untuk berbagi koneksi seisi rumah dengan laptop.
Dengan hadirnya rumah hotspot dirumah sendiri cenderung untuk koneksi yang beruang lebih karena minimal harus punya laptop, tapi walaupun kita tidak punya laptop kenapa gak berbagi juga dengan tetangga rumah yg menurut saya masih bisa menerima sinyal hotspot dengan laptopnya kemudian patungan dalam membayar jasa internetnya, karena yg unlimited selain koneksi gprs atau 3G masih tergolong mahal. Rumah Hotspot tidak hanya dipakai untuk sendiri saja dengan keluarga seisi rumah tetapi tetangga kita yg masih bisa menerima sinyal wifi, juga bisa menerima share koneksi internet kita hal itu juga dapat memberikan keuntungan bagi kita karena bayarnya bisa patungan atau lebih miripnya Rumah Hotspot ini mirip dengan RTRWNET tapi ruang lingkupnya lebih kecil karena factor jangkauannya itu sendiri.
Rumah Hotspot resikonya tidak ada atau kecil sekali, karena yang gunakan keluarga saja. Dibawah ini sedikit jelasin peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun Rumah Hotspot :
  1. Koneksi Internet Unlimited, kalau limited bisa, tapi kalau pemakaian dibatasi malah bisa-bisa kita tidak bisa tenang dalam berinternet karena harus memikirkan kuota yg ada (bisa speedy office unlimited, ISP local menggunakan jaringan wireless, GPRS/3G)
  2. Akses Point ( bisa menggukan USB wifi adapter, merk TP LINK WN322G adalah paling murah karena bisa dijadikan usb wifi penerima sinyal dan akses point mode. Bisa juga pake Radio Akses Point + router kalau bisa, merknya, mulai edimax, minitar, linksys dll tergantung budget anda )
  3. Komputer Server minim P2 ( khusus untuk koneksi dari ISP local yg bersistem dial vpn karena koneksi harus dipanggil dari computer tidak bisa langsng ke akses point router, jadi kalau koneksi rumah hotpsot 24jam computer juga harus nyala 24jam, beda kalau pake koneksi ADSL karena dari modem adsl bisa langsung ke akses point tanpa ada computer yang menyala)
  4. Laptop ( ini wajib hukumnya untuk melihat apakah hotspot yg kita buat berhasil apa tidak )
Itu saja yg dibutuhkan, kalaupun modal untuk beli alatnya bisa dari 200rb sampai 1 juta tergantung akses point yg dipake. Sekarang Rumah Hotspot siap menemani berinternetan didalam rumah ntah itu di meja makan, depan teras rumah, bahkan di kamar mandi selama sinyal hotspot masih diterima dengan baik di laptop anda, anda bisa berinternetan ria.
Kesimpulannya kenapa susah-susah harus didepan PC untuk berinternetan karena sambil tiduran dengan laptop, anda juga bisa berinternetan layaknya di cafe-cafe, kampus dan tempat-tempat lainnya.
“ Rumah Hotspot adalah sebuah Inovasi Baru Cara Berinternetan yang Nyaman…”


Referensi :
http://wifilove.web.id/?p=28

No comments:

Post a Comment