Pages

Wednesday, October 20, 2010

EBC (E-Business dan E-Commerce)

CMSTajum, CMS karya anak bangsa
Dengan perkembangan jaman yang sangat pesat, saat ini sudah banyak sekali transaksi bisnis yang dilakukan melalui dunia maya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pebisnis untuk melakukan jual-beli barang, promosi, pertukaran data bisnis dan lainnya. Oleh karena itu diperlukan suatu CMS (Content Management System) yang merupakan suatu aplikasi yang digunakna untuk menciptakan, mengatur dan mengimprovisasi data. Data tersebut dapat dipublikasikan memalui internet. Sebelum berlanjut ke pembahasan CMS lebih dalam ada baiknya kita mengetahui apa itu E-Bussiness dan E-Commerce.



E-Business
e-Business atau Electronic business adalah proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Saat ini e-business dilakukan melalui teknologi berbasis web dengan memanfaatkan jasa internet. 


E-Commerce
E-Commerce atau perdagangan elektronik merupakan penerapan dari e-business. Dimana dalam e-commerce ini pebisnis melakukan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa, dan hal lainnya yang dapat dibisniskan. 

CMS
CMS merupakan suatu perangkat lunak yang digunkan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Dengan adanya CMS, pengguna dapat dengan mudah melakukan pemodifikasian, penambahan, manipulasi isi web tanpa harus menjadi seorang webmaster. Saat ini sudah banyak sekali CMS yang bersifat open source, disini saya akan membahas salah satunya yaitu CMSTajum.

CMSTajum
CMSTajum merupakan sebuah content management sistem yang didesain secara sedarhana yang mempermudah pengguna dalam majemen konten. Walaupun sederhana CMSTajum berusaha memberikan suasana berbeda untuk sebuah sistem website. Dengan template berbasis CSS memberikan kesan menarik disetiap tulisan yang kita buat. CMSTajum telah dikemas secara lengkap untuk sebuah web standar, fitur diantaranya adalah Breadcumb, RSS, Sitemap, WYSIWYG Editor, Bookmark dll. Yang patut dibanggakan dari CMS ini adalah CMS ini buatan anak bangsa. CMSTajum mempunyai motto "Jadikan tulisan anda semenarik majalah dan sebagus surat kabar hanya dengan CMSTajum."

Review Tools
CMSTajum di tujukan untuk pembuatan web secara mudah dan sederhana. CMSTajum tidak menggunakan database SQL, tetapi menggunakan sistem database sendiri yaitu TajumDB v1.0 Beta. Dimana admin dapat langsung online tanpa setting database. Memungkinkan kita membuat file database sebanyak yang kita inginkan. CMSTajum mudah dalam pembuatan tabel, input data, pengambilan data, pengurutan data, pencarian data, pengelompokan data, penyaringan data dan lain-lain. Dengan template berbasis CSS maka CMSTajum mendukung untuk berbagai template CSS gratisan kita dapat menggunakan templete dari internet atau hasil karya sendiri. Menggunakan prinsip Wysiwyg editor, yang memudahkan dalam proses editing dan posting.

Success Story
CMSTajum awalnya dibuat hanya untuk memudahkan semua orang dalam pembuatan web. CMSTajum diambil dari nama sungai yaitu sungai tajum. Nama CMSTajum digunakan untuk sekedar mengenang dan membangkitkan motivasi untuk pembuat dan untuk kita semua. Menurut pembuat Tajum adalah simbol sebuah perjuangan, dalam setiap langkah pernah terucap berbagai harapan dan impian. Sekarang versi CMSTajum telah mencapai 2.0 dengan nama CMSTajum v.2.0 dimana versi ini dapat membuat aplikasi chatroom Facebook ChatroomX (http://apps.facebook.com/chatroomx/) Lengkap dengan emoticons seperti di Yahoo Messenger. Penulis mendapatkan suatu statement dari sautu web yang mengatakan bahwa "Melalui cms ini Indonesia memperlihatkan pentingnya sebuah kualitas dan kemudahan penggunaan serta efekstifitas sebuah karya, setelah dipelajari cms ini mengalahkan cms lain dari segi fitur ia menyediakan halaman, artikel, berita dan blog lagi yang tak bisa dipungkiri ialah ini buah karya satu orang. kedepan kami sangat ingin produk ini dikenal luas agar dunia tau inilah salah satu karya bangsa." [1]

Security
Permasalah yang didapatkan dari setiap sistem database adalah masalah keamanan data. Sama seperti CMSTajum mungkin ada beberapa masalah dalam keamanannya. Tetapi sampai tulisan ini penulis terbitkan, penulis belum menemukan satupun kelemahan dari keamanan CMSTajum.



Kelebihan CMSTajum :
  • Menggunakan database sendiri
  • Tampilannya bagus
  • Ukuran file setelah di kompres 960kb
  • User friendly (mudah digunakan)
  • Multi User
  • Cocok untuk berbagai kepentingan, web bloging, web komunitas ataupun web perusahaan.
  •  Dengan template berbasis CSS. Support untuk berbagai template CSS gratisan.
Kekurangan CMSTajum :
  • Masih kurang publikasi sehingga belum banyak yang mengenal CMSTajum


Referensi : 
[1] http://sistem.senimandigital.com/
http://cmstajum.net/ 
http://ibnux.net/2009/02/cms-buatan-lokal.html
 

No comments:

Post a Comment