Pages

Wednesday, May 30, 2012

Windows Longhorn


Windows Longhorn

I.       Pengertian sistem operasi.

Untuk menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputer diperlukan satu sistem operasi. Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer, misalnya MS-OFFICE, mungkin kita sudah sering mendengar sistem operasi yang ada saat ini. Misalnya Sistem operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Tapi kali ini saya akan membahas satu sistem operasi saja yaitu sistem operasi Windows Longhorn.

II.    Sejarah Windows Longhorn
Longhorn merupakan generasi penerus Windows server 2003 dan memiliki feature baru seperti task-based user interface, Start Panel, SQL Server dan masih banyak lagi yang belum diketahui. Versi Longhorn ini kemungkinan akan berbasis NT 5.2 (Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 2000 berbasis NT 5.0 sedangkan Windows XP berbasis NT 5.1). Microsoft merilis Longhorn pada akhir 2003 (bulan November).

Longhorn hanya merupakan kodename untuk produk Windows terbaru ini, yaitu windows Vista. Seperti yang kita ketahui bahwa Windows XP dulunya diberi kodename Whistler dan sekarang diberi nama Windows XP. Whistler diambil dari nama gunung yang merupakan arena ski terkenal di British Columbia dekat dengan markas Microsoft. Dan di kaki gunung Whistler terdapat sebuah bar yang bernama Longhorn, jadi setelah orang-orang puas bermain ski di gunung Whistler kemudian orang-orang tersebut dibuat lebih puas lagi dengan minum-minum dan bersantai di bar Longhorn. Begitulah kira-kira sejarah dan maksud Microsoft menggunakan nama Whistler dan Longhorn.

III. Kelebihan dan Kelemahan Windows Longhorn

Kelebihan :
Aero - User Interface baru
Windows akan memiliki user interface 3D yang jauh lebih baik dan menarik

Avalon - Sistem grafik baru
Teknologi grafik baru dari Microsoft yang menjanjikan tampilan game, video dan layar yang jauh lebih baik.

Indigo - Dukungan terhadap Web Service secara lebih terintegrasi
Saat ini web service telah menjadi “jembatan” bagi software dari platform berbeda, bahasa pemrograman berbeda untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi. Oleh karena itu dukungan terhadap teknologi web service ini akan terintegrasi lebih baik dengan Sistem Operasi Windows Longhorn melalui teknologi komunikasi baru Indigo yang menjanjikan fungsi transaction dan queing.

WinFS - Sistem file baru
WinFS, suatu file sistem baru yang dibangun berdasar NTFS dan teknologi database membuat segala informasi, data dari berbagai macam tipe file maupun data di komputer kita dapat dicari dan didapat dengan tepat dan mudah. WinFS menggunakan teknologi index search yang sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi yang digunakan Yukon, penerus SQLServer 2000.

WinFX - model pemrograman baru
Melalui .NET Framework, pengembangan Managed Code akan terus berlanjut ke WinFX sehingga bisa dikatakan bahwa windows generasi mendatang akan memiliki dukungan terhadap managed code lebih baik lagi. Saat ini Microsoft juga mengembangkan API dan model pemrograman baru untuk Longhorn yang lebih lengkap dan lebih mudah untuk digunakan bagi para developer sehingga diharapkan API ini dapat memanfaatkan berbagai kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan Longhorn seperti Avalon, Indigo maupun WinFS.

Palladium - security yang lebih baik
Melalui Longhorn, Microsoft menjanjikan security yang lebih baik lagi di mana pengembangan Longhorn akan memprioritaskan dan mengutamakan faktor security.

ClickOnce - proses instalasi dan update software yang mudah
Longhorn menjanjikan proses instalasi aplikasi desktop yang lebih mudah, aman serta proses updating yang dapat diatur secara mudah.

Kelemahan :

Ø  Ada beberapa fitur penting yang belum dapat diintegrasikan pada Longhorn. Misalnya, sistem file WinFS baru yang dapat mengoptimalkan dan mempermudah penanganan file PC Windows.
Ø  Membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi (lebih dari 64 bit dan memori yang harus besar) karena kerja sistem yang berat.
Ø  Diperkirakan OS ini di jual dengan harga mahal.


IV. Tampilan Windows Longhorn




I.       Syarat yang harus dipenuhi untuk menginstall OS Windows Longhorn

Component
Requirement
Processor
Minimum: 1GHz
Recommended: 2GHz
Optimal: 3GHz or faster
Note: An Intel Itanium 2 processor is required for Windows Server "Longhorn" for Itanium-based Systems
Memory
Minimum: 512MB RAM
Recommended: 1GB RAM
Optimal: 2GB RAM (Full installation) or 1GB RAM (Server Core installation) or more
Maximum (32-bit systems): 4GB (Standard) or 64GB (Enterprise and Datacenter)
Maximum (64-bit systems): 32GB (Standard) or 2TB (Enterprise, Datacenter and Itanium-based Systems)
Hard Disk
Minimum: 8GB
Recommended: 40GB (Full installation) or 10GB (Server Core installation)
Optimal: 80GB (Full installation) or 40GB (Server Core installation) or more
Note: Computers with more than 16GB of RAM will require more disk space for paging, hibernation, and dump files
Drive
DVD-ROM drive
Display
Super VGA (800 × 600) or higher-resolution monitor
Other
Keyboard and Microsoft Mouse or compatible pointing device


II.          Mengapa sampai saat ini Windows Longhorn belum di luncurkan (Release)??
Diberitakan akan segera diluncurkan beberapa kali ditunda-tunda sampai sekarang Longhorn belum juga diluncurkan secara full version. Penundaan ini mungkin disebabkan karena belum dapat diintegrasikan secara optimal beberapa fitur yang menjadi andalan dari Longhorn itu sendiri, seperti WinFS dan mengunakan lingkungan komputasi baru dengan NGSCB. Telah kita ketahui bahwa Longhorn adalah benar-benar baru, bukan perbaikan dari sistem operasi yang sudah ada. Longhorn menawarkan teknologi baru dan mengintegrasikan banyak fitur-fitur baru. Tentu dibutuhkan tenaga dan waktu ekstra agar teknologi dan fitur baru tersebut dapat bekerja secara optimal. Microsoft sepertinya tidak ingin setengah-setengah dalam proyek ini sehingga peluncuran Longhorn ditunda berkali-kali, hal ini dilakukan karena dirasa Longhorn masih perlu perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Cara yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan versi beta sebagai versi pengujian.

Versi beta diluncurkan sebagai pengujian terhadap produk terbaru ini, diharapkan versi beta ini mendapat tanggapan dari para pengguna, tanggapan itu sebagai media koreksi untuk pengembangan yang lebih baik. Diharapkan keluaran resmi akan menghasilkan output yang benar-benar berkualitas wahid. Dari versi beta, masih dinilai banyak kelemahan, yaitu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi (lebih dari 64 bit dan memori yang harus besar) karena kerja sistem yang berat.

Menurut pemberitaan, karena desakan dari para developer, mitra kerja dan customer microsoft, akhirnya meluncurkan Sistem Operasi yang diberi nama Windows Vista, merupakan produk upgrade dari OS sebelumnya tidak sehebat ide awal yang digadang-gadangkan.Windows Vista sebenarnya adalah codename Longhorn, namun tidak menyertakan fitur WinFS; mengurangi banyak fitur NGSCB, dan memutuskan tetap menggunakan .NET Framework sebagai inti dari Windows Vista. Salah satu alasan yang muncul adalah untuk menjamin kompatibilitas untuk sistem sebelumnya (backward compatibility), alasan ini wajar karena code Longhorn adalah OS yang ide awalnya merupakan OS yang dibangun benar-benar baru, bukan upgrade seperti Windows Vista.

Sedangkan untuk tandem Windows Vista adalah Windows Server 2008 (WS dengan codename Longhorn), merupakan revolusi dari WS sebelumnya dengan fitur-fitur unggulan baru seperti Server Manager, fitur untuk memudahkan proses instyalasi, konfigurasi, dan pengaturan role server; Windows Power Shell, command-line Shell baru; Server Core, memungkinkan memilih menginstal WS hanya layanan yang dibutuhkan untuk membuat Dynamic Hardware Partition, DSN, server file; dan read-only domain controller (RODC), tipe baru pengontrol konfigurasi domain dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Versi beta telah diluncurkan (versi beta-3 tahun 2007). Spesifikasi komputer agar WS 2008 dapat bekerja optimal dengan prosesor > 2GHz, memory > 1GB, harddisk > 40 GB. Untuk mendapatkan produk full versionnya dipastikan harus merogoh kantong yang lebih dalam (mahal).

Sumber :

·         www.untukku.com
·       www.webgaul.com
·        www.wss-id.org/blogs/tutang





No comments:

Post a Comment