Pages

Saturday, April 13, 2013

Aplikasi Gudang (Inventory) dengan Java dan database MYSQL

Aplikasi inventory ini sudah lama saya buat dan belum 100% selesai. Tadinya memang ada keinginan untuk menyelesaikannya baru di share, tapi musuh utama saya yaitu malas susah sekali untuk dilawan :) , mungkin juga saya memang sudah tidak niat lagi untuk menyelesaikannya, karena sudah hampir 1 tahun saya tinggalkan,
Jadi daripada saya menunda nunda untuk mempostingnya lebih baik yang sudah ada saja saya posting.

Aplikasi inventory merupakan aplikasi desktop menggunakan bahasa pemrograman java, database mysql dan untuk laporan menggunakan jasper report.

Proses-proses yang dapat dilakukan aplikasi gudang ini :
  1. Di aplikasi ini sudah diberikan hak akses kepada admin,teknisi, user dan super user. Jika yang login menggunakan aplikasi adalah admin maka semua menu item akan tampil tetapi jika yang login teknisi/user/super user maka menu item akan tampil beberapa saja (sesuai kebutuhan).
  2. Login menggunakan NIK (nomor induk karyawan)
  3. Untuk pengguna baru harus didaftarkan melalui admin, setelah didaftarkan maka admin harus memberitahu kepada pengguna baru password defaultnya misal : 12345 dan meminta user untuk segera login aplikasi dan mengganti password default.
  4. Input (insert), ubah (update) dan hapus (delete) data
  5. Perhitungan transaksi ada di form transaksi in dan transaksi out
  6. Pembuatan laporan (disini masih terdapat kekurangan karena laporan belum dapat difilter, tadinya saya ingin memfilternya berdasarkan tanggal transaksi). Laporan transaksi juga bisa langsung di cetak, pastinya harus terhubung dengan printer.
Berikut screen shootnya (screen shoot ini mewakili form-form yang lainnya) :

1. Tampilan login


2. Tampilan Menu Utama


3. Tampilan Form Supplier (ada di menu item Master --> Supplier)
 

4. Tampilan Form Produk (ada di menu item Master --> Produk).
     Disini untuk mengisi kode departemen,dll pengguna cukup mengklik tombol search nanti akan    tampil tabel untuk pilahan kode departemen dan nama departemen jika sudah memilih klik 2 kali pada pilihan atau klik tombol ok. Maka secara otomatis text field untuk kode departemen dan nama departemen terisi.
Untuk pengembangan selanjutnya saya sarankan untuk pencariannya difilter berdasarkan kode atau nama departemen. 


5. Tampilan Form Transaksi In (transaksi barang masuk).


6. Tampilan laporan dari transaksi in.
     untuk pengembangan selanjutnya saya sarankan laporan dapat difilter berdasarkan tanggal transaksi.



dan saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk babeh varian yang telah membantu saya untuk membuat aplikasi ini. :)
Selamat ngoding dan selamat mengembangkan aplikasi ini.

 link download :

71 comments:

  1. gw kembangin ya aplikasinya....buat temen lagi butuh,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok,amat sangat di persilahkan mas bro :D
      masih banyak bug nya itu,di cek2 lg aja..

      Delete
    2. mau tanya kalo ngembabangin sama aja kayak diedit bukan sesuai pt yg kita refrensi

      Delete
    3. oh iya untuk database nya kenapa ya susah di download ?
      mohon pencerahanya gan . terimakasih sebelumnya

      Delete
    4. Yang sabar ya mas, namanya dapet guru gratisan, guru yg dibayar aja bisa nyebelin, klo yg gratisan ga friendly ya wazarrrr 😅🤣

      Delete
  2. Ijin kembangin ya gan .. :)
    Thx..

    ReplyDelete
  3. somoga bermanfaat..
    izin pelajarin gan....

    ReplyDelete
  4. tabelnya ga di relasi gan??

    ReplyDelete
  5. Mohon ijin ngembangin ya,. Wat TA ane ya gan...
    :-)

    ReplyDelete
  6. cool gan, :)

    codenya ga ditaro di github atau sourceforge gitu ya?

    ReplyDelete
  7. mantapp komandan..
    mohon ijin untuk men-develop

    ReplyDelete
  8. ijin yah semoga anda sukses selalu

    ReplyDelete
  9. ijin develop juga yah... ^_^
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  10. gan sourcenya kok kelihatanya ada yang error ya :3
    gak bisa di import :D
    btw ijin sedot ya

    ReplyDelete
  11. bisa buat referensi nih, thanks gan ^^

    ReplyDelete
  12. izin sedot gan...mw gue utak atik :D hehe

    ReplyDelete
  13. Meminta izin untuk dirumbak dikit yh :p

    ReplyDelete
  14. Kok gak bisa di download ????????? Erorrr

    ReplyDelete
  15. Kok gak bisa di download ????????? Erorrr

    ReplyDelete
  16. kok DBnya beda ya pas di download

    ReplyDelete
  17. Hallo kak, maaf mengganggu, bolehkah saya meminta link downloadnya? soalnya yang ini error, saya mau pakai sebagai refrensi ujikom saya nanti, bantuan dari kaka sangat berarti bagi hidup saya

    ReplyDelete
  18. ini nik sam apasswordnya pa yah ? :') mohon bantuannya

    ReplyDelete
  19. maaf tidak jadi ternyata ada di sql nya , terima kasih

    ReplyDelete
  20. gan username sama password databasenya apa ya??
    mohon konfirmasinya
    thanks gan

    ReplyDelete
  21. ijin nyuri ide buat dikembangin lg

    ReplyDelete
  22. saya kok ga bisa munculkan reprtnya ya

    ReplyDelete
  23. mohon ijin mba utk ngembangin..
    thanks

    ReplyDelete
  24. makasih omz tuk sourcenya..
    ijin esdot n kembangin
    suskses selalu

    ReplyDelete
  25. Update download link dong gan hehehe

    ReplyDelete
  26. maaf mas, saya download ini kok gak bisa ya ??
    mohon bimbingannya mas ?

    ReplyDelete
  27. kenapa kok gk pakai php aja gan? lebih bagus pkek php menurut saya sih..

    ReplyDelete
  28. ajarin saya dong, cara buatnya... kalo ada tutorial pembuatannya bagi dong link -nya mastah.. saya mau belajar membuat yg seperti itu, saya mau ngembangin juga saya tidak tahu harus mulai dari mana :'(,, saya ingin bisa.

    ReplyDelete
  29. source codenya gak bisa di download gan.

    ReplyDelete
  30. sangat berguna sekali gan
    izin ngembangin ya...

    ReplyDelete
  31. terimaksih ni sangat ngebantu sekali mas

    ReplyDelete
  32. bang cara atur koneksi gmn ya bang ?? ini konesi ane kok gagal mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  33. cara koneksi databasenya gmna yah, mklum bru belajar :) Mhon Bimbingan

    ReplyDelete
  34. gan pas instal ireport nya versi berapa?
    saya instal ireport5.5.0-plugin "error terus"

    ReplyDelete
  35. izin dikembangkan tor, suwun

    ReplyDelete
  36. import database nya kok eror gan
    mohon bantuannya gan???

    txt

    ReplyDelete
  37. ijin saya sedot ya, dan saya kembangkan lagi projek anda

    ReplyDelete
  38. Ma Sya Allah
    syukron kak ika <3 <3
    ijin develop kak..

    ReplyDelete
  39. Izin mempelajari ya gan,sama buka sqlnya dmn ya di xampp bisa gak

    Maklum baru belajar
    Mohon bimbinganya

    ReplyDelete
  40. izin kembangin ya kak, terimakasih...

    ReplyDelete
  41. izin untuk mengembangkan ya kak, buat tugas kampus trimakasih...

    ReplyDelete
  42. izin ngmbangin yah... tapi mau tanya itu n sbs apa yah

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Ijin mempelajari abang semoga bermanfaat ilmunya amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan bagi dong ini udah gabisa di donlot filenya T.T

      Delete
  45. Makasih gan.
    Ngebantu banget...

    ReplyDelete
  46. Kak gabisa didownload lagi, kenapa ya?

    ReplyDelete
  47. Kak file nya udh ga valid ka :(

    ReplyDelete
  48. kakkkkkkkkkkkkkk kok ada file tidak berlaku ya waktu mau dunlut

    ReplyDelete