LISTING PROGRAM :
IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. MATRIK.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
77 I PIC 99.
77 J PIC 99.
01 CETAK.
02 M1 PIC Z9.
02 M2 PIC Z9.
02 T PIC ZZ9.
01 PILIH.
02 PIL PIC 9.
01 TOTAL.
02 TOTAL-BARIS OCCURS 2 TIMES.
03 TM OCCURS 2 TIMES PIC 999.
01 DATA1.
02 BARIS1 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK1 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
01 DATA2.
02 BARIS2 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK2 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
01 ISI-LAGI PIC X.
88 LAGI VALUE 'Y', 'y'.
88 TIDAK VALUE 'T', 't'.
SCREEN SECTION.
01 HAPUS-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.
01 TANDA.
02 LINE 3 COLUMN 16 VALUE '+' HIGHLIGHT.
02 LINE 3 COLUMN 31 VALUE '=' HIGHLIGHT.
01 TANDA1.
02 LINE 3 COLUMN 16 VALUE '-' HIGHLIGHT.
02 LINE 3 COLUMN 31 VALUE '=' HIGHLIGHT.
01 TANDA2.
02 LINE 3 COLUMN 16 VALUE '*' HIGHLIGHT.
02 LINE 3 COLUMN 31 VALUE '=' HIGHLIGHT.
01 MENU.
02 LINE 2 COLUMN 30 VALUE 'M A T R I K S'.
02 LINE 4 COLUMN 24 VALUE '================='.
02 LINE 6 COLUMN 27 VALUE '1. INPUT.'.
02 LINE 7 COLUMN 27 VALUE '2. TAMBAH.'.
02 LINE 8 COLUMN 27 VALUE '3. KURANG.'.
02 LINE 9 COLUMN 27 VALUE '4. PERKALIAN.'.
02 LINE 10 COLUMN 27 VALUE '5. EXIT.'.
02 LINE 12 COLUMN 24 VALUE '================='.
02 LINE 14 COLUMN 27 VALUE 'PILIH [1..5] : '.
02 LINE 14 COLUMN 43 PIC 9 TO PIL.
PROCEDURE DIVISION.
MULAI.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
DISPLAY MENU.
ACCEPT MENU.
IF PIL = 1
PERFORM INPUT-DATA
GO TO MULAI.
IF PIL = 2
PERFORM TAMBAH
GO TO TANYA.
IF PIL = 3
PERFORM KURANG
GO TO TANYA.
IF PIL = 4
PERFORM KALI
GO TO TANYA.
IF PIL = 5
GO TO SELESAI.
ELSE
GO TO MULAI.
SELESAI.
STOP RUN.
INPUT-DATA.
MOVE 3 TO LIN.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM ISI1
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
COMPUTE LIN = 10.
PERFORM ISI2
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
GO TO MULAI.
ISI1.
DISPLAY (3, 2) 'MATRIK A'.
COMPUTE LIN = LIN + 1.
DISPLAY (LIN, 2) '[', I, ',', J, '] = '.
ACCEPT MATRIK1 (I, J).
ISI2.
DISPLAY (10, 2) 'MATRIK B'.
COMPUTE LIN = LIN + 1.
DISPLAY (LIN, 2) '[', I, ',', J, '] = '.
ACCEPT MATRIK2 (I, J).
PROSES.
COMPUTE TM (I, J) = MATRIK1 (I, J) + MATRIK2 (I, J).
PROSES1.
COMPUTE TM (I, J) = MATRIK1 (I, J) - MATRIK2 (I, J).
PROSES2.
COMPUTE TM (I, J) = MATRIK1 (I, J) * MATRIK2 (I, J).
HASIL.
MOVE I TO LIN.
MOVE J TO COL.
MOVE MATRIK1 (I, J) TO M1.
MOVE MATRIK2 (I, J) TO M2.
MOVE TM (I, J) TO T.
COMPUTE LIN = LIN * 2.
COMPUTE COL = COL * 4.
DISPLAY (LIN, COL + 1) M1.
DISPLAY (LIN, COL + 16) M2.
DISPLAY (LIN, COL + 31) T.
TANYA.
COMPUTE LIN = LIN + 2.
DISPLAY(10, 5) 'ADA DATA LAGI [Y/T] ? '
ACCEPT( , ) ISI-LAGI.
IF LAGI GO TO MULAI.
TAMBAH.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM PROSES
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
DISPLAY TANDA.
PERFORM HASIL
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
KURANG.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM PROSES1
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
DISPLAY TANDA1.
PERFORM HASIL
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
KALI.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM PROSES2
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
DISPLAY TANDA2.
PERFORM HASIL
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
Output pertama yang tampil ketika program dijalankan adalah menu matrik. User diminta untuk menginput menu pilihan yang diinginkan. Misal dalam tampilan berikut user memilih nomor 1.
Setelah user menginput menu pilihan yang diinginkan yaitu nomor 1, maka user diminta untuk menginput nilai dari setiap matrik a dan b.
Setelah menginput, dengan menekan tombol enter maka program akan menampilkan kembali menu pilihan. Kemudian user diminta kembali untuk memilih menu yang diinginkan.
Misal user memilih menu nomor 2 maka program yang ditampilkan adalah proses penjumlahan matrik. Setelah itu, user ditanya kembali apakah ada data lagi ? jika user menginput Y (lagi), maka program akan kembali menampilkan menu pilihan.
Setelah user menginput Y maka kembali ke menu pilihan. Kemudian user memilih nomor 3.
Nomor 3 adalah proses pengurangan matrik.
Jika pada inputan sebelumnya user menginput Y, maka program kembali ke menu pilihan. Disini user memilih nomor 4.
Nomor 4 adalah proses perkalian matrik.
Jika pada inputan sebelumnya user menginput Y, maka program kembali ke menu pilihan. Disini user memilih nomor 5. Maka program akan langsung keluar.
Tetapi, jika pada inputan user menginput T (tidak), maka program akan langsung keluar tanpa kembali ke menu pilihan.
Output yang tampil ketika user memilih T.
No comments:
Post a Comment