Pages

Saturday, October 15, 2011

Input data dan menghitung determinan dengan bahasa C


Bahasa C

            Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc (sekarang adalah AT & T Bell Laboratories).

            Kepopuleran bahasa C membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk computer mikro. Untuk membuat versi-versi tersebut standar ANSI (American National Standard Institute) kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini didasarkan dari standar UNIX yang diperluas. Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah kata-kata kunci (keyword) standar.

Listing program :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>

char Nama;
char NPM;
char Kelas;

int a;
int b;
int c;
int d;

void main()
{
clrscr();
printf("Nama  : "); scanf("%s",&Nama);
printf("NPM   : "); scanf("%s",&NPM);
printf("Kelas : "); scanf("%s",&Kelas);

clrscr();
printf("Nilai a : "); scanf ("%d",&a);
printf("Nilai b : "); scanf ("%d",&b);
printf("Nilai c : "); scanf ("%d",&c);
printf("\nd = (b*b)-4*a*c");
d = (b*b)-4*a*c;
printf ("\nJadi, nilai d adalah %d",d);
getch();
}

outputnya akan seperti ini :
Output awal yang tampil ketika program dijalankan adalah menginput nama, npm, dan kelas. Tampilannya seperti di bawah ini :



Setelah menginput nama, npm, dan kelas kemudian menekan tombol enter maka akan tampil program untuk menginput nilai dari a, b, dan c yang digunakan untuk menghitung determinan yang nilaiya tersimpan di d. Tampilannya seperti di bawah ini.


No comments:

Post a Comment