Pages

Saturday, August 4, 2012

Menghitung luas lingkaran dengan fortran

Menghitung luas lingkaran dengan Fortran

berikut ini coding singkat yang digunakan untuk menghitung luas lingkaran dengan fortran :

LISTING PROGRAM :

        integer r
        real luas
        write(*,5)
        read(*,15)r
        luas=3.14*r*r
        write(*,20)luas
5      FORMAT('Masukkan Jari-jari:')
15    FORMAT(I5)
20    FORMAT('Luas=',F5.2)
        STOP
        END


LOGIKA  PROGRAM :

integer r
statement ini digunakan untuk mendeklarasikan bahwa variabel r bertipe data integer (bilangan bulat).

real luas
statement ini digunakan untuk mendeklarasikan bahwa variabel luas bertipe data real (bilangan desimal).

write(*,5)
statement write disini digunakan untuk menampilkan data ke layar computer. Tanda * menunjukkan perintah menampilkan ke layar monitor dan 5 adalah nomor label untuk perintah format atau dapat dikatakan sebagai Go to line 5 atau baris yang ditunjukkan dengan angka 5 di depannya.


read(*,15)r
statement ini digunakan untuk memasukkan inputan data (disini nilai dari jari-jari) yang nantinya akan ditampung dalam variabel r. Disini variabel r bertipe data integer, maka nilai yang bisa diinput adalah bilangan integer pula. Tanda * menunjukkan bahwa nilai diambil dari keyboard, kemudian 5 digunakan untuk menuju ke statement format dari read ini atau dapat dikatakan sebagai Go to line 5 atau baris yang ditunjukkan dengan angka 5 di depannya.

luas=3.14*r*r
statement ini digunakan untuk mendeklrasikan rumus luas dari lingkaran.

write(*,20)luas
statement write disini digunakan untuk menampilkan data ke layar computer. Tanda * menunjukkan perintah menampilkan ke layar monitor dan 20 adalah nomor label untuk perintah format atau dapat dikatakan sebagai Go to line 20 atau baris yang ditunjukkan dengan angka 20 di depannya. Sedangkan luas adalah nama variabel yang akan ditampilkan nilainya.

5       FORMAT('Masukkan Jari-jari:')
Perintah format digunakan untuk mengedit data pada media input dan output computer. Angka 5 merupakan line number kemudian pada layar output akan tercetak Masukkan Jari-jari : . Jika sudah diinput nilai dari jari-jari tersebut maka akan ditampung pada variabel r.

15     FORMAT(I5)
Perintah format digunakan untuk mengedit data pada media input dan output computer. Angka 15 merupakan line number dan I5 artinya panjang dari nilai yang dinput adalah integer 5 byte.

20     FORMAT('Luas=',F5.2)
Perintah format digunakan untuk mengedit data pada media input dan output computer yaitu mencetak kata Luas kemudian diikuti nilai dari hasil perhitungan rumus lingkaran. Angka 20 merupakan line number dan F5.2 artinya panjang dari nilai yang ditampilkan pada layar output adalah real 5 byte dan di belakang koma adalah 2 byte.

STOP
END
Statement ini digunakan untuk mengakhiri pengerjaan program dan memberhentikan/mengontrol akhir proses sebuah program.


OUTPUT PROGRAM :


No comments:

Post a Comment