Pages

Wednesday, October 19, 2011

Membuat program eksepsi dengan Java

LISTING PROGRAM :

class Eksepsi2
{
  public static void main(String[] args)
 {
    int a = 20;
    System.out.println("Eksekusi Pembagian Suatu Bilangan");


    for (int i=7; i>=0; i--)
  {
      System.out.print("\nUntuk i = "+i+" --------> ");
   try
   {
    System.out.println(+a+"/"+i+" = "+a/i);
   }
   catch(RuntimeException r)
   {
    System.out.print("Tidak dapat dieksekusi, karena");
    System.out.println("\n"+a+" Tidak dapat dibagi dengan "+i);
   }
   }
  }
};


LOGIKA  PROGRAM :

class Eksepsi2
{
            public static void main(String[] args)

Blok program diatas merupakan suatu kelas yang diberi nama Eksepsi. Kelas ini digunakan untuk menjalankan program perhitungan pembagian dari suatu bilangan. Tanda { digunakan untuk memulai menuliskan suatu blok program. Statement public static void main(String[] args) memiliki pengertian : public berarti kelas ini bersifat umum dan methodnya dapat dijalankan/dipanggil oleh kelas lain, static berarti dapat dipanggil oleh kelas lain tanpa menjadi bagian kelas itu, void menyatakan metode (blok subkelas) pada suatu kelas, main berarti metode awal yang dijalakan.

{
    int a = 20;
    System.out.println("Eksekusi Pembagian Suatu Bilangan");
    for (int i=7; i>=0; i--)

Blok program ini merupakan method-method yang berada dalam kelas Eksepsi2. int a = 20 statement ini digunakan untuk mendeklarasikan nilai dari variabel a yang bertipe data integer dan nilai dari variabel a adalah 20, variabel ini merupakan variabel local yaitu variabel yang hanya bisa dieksekusi didalam class ini saja. Kemudian terdapat suatu perulangan yaitu for (int i=7; i>=0; i--) yang artinya perulangan ini dilakukan jika kondisi masih memenuhi, kondisi tersebut adalah nilai dari variabel i sama dengan 7; dimana nilai i harus lebih besar atau sama dengan nilai dari 0; kemudian terdapat iterasi yaitu setiap nilai i akan dikurangi satu ketika proses perulangan akan dilaksanakan (proses decrement), jadi program akan melakukan perulangan sebanyak 8 kali dengan indeks dari 7 hingga 0.

{
      System.out.print("\nUntuk i = "+i+" --------> ");
   try

Blok program ini akan dilaksanakan jika kondisi pada perulangan for masih memenuhi. Statement yang berada dalam blok program ini adalah System.out.print("\nUntuk i = "+i+" --------> ") perintah ini digunakan untuk mencetak kata/kalimat yang berada di dalam tanda kurung dan di antara tanda kutip pada tampilan output, pada perintah ini jika kalimat tersebut sudah tercetak kursor tidak akan berpindah baris karena menggunakan perintah print bukan println, arti dari “+i+” adalah mencetak nilai yang terdapat pada variabel i, variabel disini merupakan nilai dari perulangan dengan indeks 7 hingga 0. Kemudian terdapat kata kunci yang digunakan untuk menangani suatu eksepsi yaitu try-catch. try  digunakan untuk membuat blok yang berisi statement-statement yang mungkin menimbulkan eksepsi. Apabila dalam proses eksekusi runtunan statement tersebut terjadi sebuah eksepsi, maka eksepsi akan dilempar ke bagian blok program penangkap yaitu catch.

{
    System.out.println(+a+"/"+i+" = "+a/i);
   }

Blok program ini merupakan blok program penanganan dari kata kunci try. Dalam blok program ini terdapat suatu statement yaitu System.out.println(+a+"/"+i+" = "+a/i) statement ini digunakan untuk mencetak tanda/kata/kalimat yang berada di dalam tanda kurung dan di antara tanda kutip pada tampilan output, pada perintah ini jika kalimat tersebut sudah tercetak kursor tidak akan berpindah baris karena menggunakan perintah print bukan println, arti dari +a+"/"+i+"="+a/i menampilkan nilai dari variabel a kemudian tanda / (pembagi) dan menampilkan nilai dari variabel i setelah itu akan menampilkan hasil pembagian nilai dari variabel a dan i.

catch(RuntimeException r)
   {
    System.out.print("Tidak dapat dieksekusi, karena");
    System.out.println("\n"+a+" Tidak dapat dibagi dengan "+i);
   }
   }
  }
};

Blok program ini merupakan blok program penangkap (catch). Blok program ini dilaksanakan jika proses eksekusi runtunan statement tersebut terjadi sebuah eksepsi. catch(RuntimeException r) statement ini digunakan untuk menangkap exception dengan cara rasional, RuntimeException merupakan kelas turunan dari kelas Exception. Kemudian blok program dari catch sendiri adalah System.out.print("Tidak dapat dieksekusi, karena") dan System.out.println("\n"+a+" Tidak dapat dibagi dengan "+i) kedua statement ini digunakan untuk mencetak tanda/kata/kalimat yang berada di dalam tanda kurung dan di antara tanda kutip pada tampilan output bedanya hanyalah pada statement print dan println, jika menggunakan print maka setelah mencetak kursor tidak akan berpindah baris, tetapi jika menggunakan println maka setelah mencetak kursor akan berpindah ke baris berikutnya. Kemudian arti dari "+a+" Tidak dapat dibagi dengan "+i adalah menampilkan nilai dari variabel a dan i dengan kalimat penengah tidak dapat diabgi dengan. Jadi jika nilai variabel a=20 dan i=0 maka pada tampilan output akan tercetak demikian 20 tidak dapat dibagi dengan 0. Tanda } pertama digunakan untuk mengakhiri blok program catch, tanda } kedua digunakan untuk mengakhiri blok perulangan, tanda } ketiga digunakan untuk mengakhiri blok program method dan tanda } yang keempat digunakan untuk mengakhiri blok program dari kelas ini yaitu kelas Eksepsi2.


OUTPUT PROGRAM :

Berikut ini merupakan tampilan output jika program Eksepsi2 dijalankan.


No comments:

Post a Comment